Alat Pemadam Api merupakan arti dari Alat Pemadam Api Ringan (APAR), pada alat pemadam kebakaran ini dapat dikatakan sebagai alat yang sangat pentung untuk melakukan pemadaman pertama yang bertujuan untuk meminimalisir tingkat kebakaran hingga menjadi besar, karena alat pemadam bersifat mencegah api agar tidak menjadi besar. Oleh sebab itu, sangat di butuhkan atau di wajibkan setiap ruangan pada gedung atau rumah tinggal Anda untuk tersedia alat pemadam api. Kami juga jual alat pemadam api ringan yang dapat disesuikan dengan kebutuhan Anda.

alat pemadam api

Pengertian Alat Pemadam Api Ringan

APAR merupakan singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan yang memang dibuat untuk dapat dibawa dan digunakan minimal satu orang saja, serta alat ini dapat berdiri sendiri jika di letakan di lantai. Banyak sekali perusahaan yang jual alat pemadam api ringan murah namun tidak dapat memberikan garansi.

Pada alat pemadam ini dapat digunakan secara manual yang langsung mengarahkan ujung selang pada titik api. APAR sendiri dikenal sebagai alat pemadam kebakaran portable yang dapat di letakan atau dibawa dengan cepat dan tepat untuk penggunaannya pada pencegahan kebakaran. Pada beberapa merk yagn ada, terdapat harga alat pemadam kebakaran yamato yang dapat dikatakan sangat tinggi, karena kualitas yang di buat langsung dari negara jepang.

Untuk posisi meletakan alat pemadam kebakaran harus pada tempat yang terlihat dan dapat dengan mudah di ambil. Dapatkan juga berbagai macam jenis alat pemadam api ringan yang sering sekali dijual di Indonesia. Untuk pemasangannya Anda juga harus mengetahui cara yang baik dan benar seperti dibawah ini.

Pemasangan Alat Pemadam Api Yang Baik

  1. Tidak tertutup. Pada setiap alat pemadam api diletakan pada tempat yang mudah di lihat dan dijangkau. Hal tersebut bertujuan agar jika ingin digunakan dapat dengan mudah diambil.
  2. Jenis Benda. Peletakan posisi alat pemadam api harus sesuai dengan jenis atau kelas api pada alat pemadam tersebut. Hal ini agar dapat mematikan api yang terbakar pada benda tersebut.
  3. Menggantung. Pada posisi alat pemadam harus diletakan di gantung pada tembok. Selain mudah di lihat, bertujuan agar isi apar tidak mudah beku dan tabung tidak mudah korosi.
  4. Tinggi Maksimal. Untuk tinggi maksimal 1,2 meter. Agar mudah dijangkau.
  5. Suhu. Tidak boleh diletakan pada suhu lebih dari 49 C atau kurang dari 4 C.

alat pemadam api

Beberapa hal diatas wajib Anda taati agar penggunaan alat pemadam ringan dapat berjalan dengan semestinya. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda tekankan, yaitu lakukan pelatihan simulasi pada karyawan atau orang yang sering berada pada ruangan atau gedung tersebut untuk dapat menggunakan alat pemadam api dengan baik dan benar. Berbagai macam nama tabung pemadam kebakaran yang dapat Anda cari, namun berbagai macam merk memiliki kelebihan dan kekurangnnya sendiri-sendiri. Untuk fungsinya sama saja, seperti yang Anda lihat pada list dibawah ini.

Fungsi Alat Pemadam Api Portable

  1. Mencegah Kebakaran. Dapat memadamkan api pada saat akan terjadi kebakaran atau mencegah api menjadi lebih besar.
  2. Dapat mematikan api atau kebakaran kecil.
  3. Sebagai penanganan pertama pada kebakaran.
  4. Sangat mudah sekali untuk digunakan sendirian.
  5. Pencegahan api membesar.
  6. Mudah diletakan dimana saja.
  7. Dapat membuat jalan keluar pada saat api sudah besar atau api menghalangi jalan keluar.

Fungsi lainnya dari alat pemadam kebakaran dapat Anda lihat pada blog kami selengkapnya baik berupa gambar ataupun video. Dapatkan juga harga alat pemadam kebakaran dengan berbagai macam merk dan juga tipe pemadam api. Dari fungsi yang sama, namun untuk isi tabung pemadam kebakaran
berbagai macam jenisnya, ada yang menggunakan CO2, Dry Chemical Powder dan Juga Foam yang biasa di gunakan. Untuk merk yang rekomendasi, dapat Anda dilhat dibawah ini.

Berbagai Merk Alat Pemadam Api

Beberapa merk tabung pemadam api diatas yang hingga sampai saat ini sering digunakan atau menjadi standar pada perusahaan baik swasta ataupun pemerintahan menggunakan pada gedung dan ruangan mereka. Namun banyak sekali merk alat pemadam  yang baru dan sering bermunculan. Anda harus teliti dalam membeli alat pemadam api.

Tips Pembelian Alat Pemadam Api

1. Sertifikasi
Pastikan alat pemadam kebakaran yang Anda beli sudah memiliki sertifikasi standarisasi nasional. Hal ini untuk memastikan bahwa penggunaan part dan juga isi dari alat pemadam tersebut sudah sesuai standar.

2. Lolos Uji Lab
Alat pemadam api yang Anda beli harus sudah lolos dari uji lab Dinas Pemadam Kebakaran setempat. Dan dapat menunjukkan dokumentasi serta hasil uji lab yang masih berlaku.

3. Garansi
Anda harus mendapatkan kepastian atau garansi minimal 1 tahun untuk isi dan 2 tahun untuk tabung. Karena biasanya untuk tabung yang digunakan tidak mudah korosi dalam jangka waktu 1tahun.

4. Temperatur
Jarum yang ada pada alat pemadam api harus menunjukkan pada warna hijau, hal tersebut sangat penting karena harus dapat digunakan dengan baik dan benar.

DAFTAR HARGA ALAT PEMADAM API

UKURAN JENIS HARGA (mulai)
1 Kg Dry Chemical Powder Rp. 200.000,-
2 Kg CO2 Rp. 700.000,-

Untuk lebih jelasnya lagi Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan harga alat pemadam kebakaran portable dengan harga murah dan harga terbaik alat pemadam. Anda juga dapat datang ke kantor kami pada alamat Jl. Raya Daan Mogot, Komplek Smart Market, Blok E KM. 19-02, Kota Tangerang – Banten Phone : 021.557.222.53 atau dapat juga langsung menghubungi Customer Service kami di line telepon 0878.7124.3899 untuk mendapatkan harga terbaik alat pemadam api